Larissa herbal

Penyebab keputihan berwarna dan berbau busuk

In Kesehatan Wanita 2215 views

Penyebab keputihan berwarna, gatal, dan berbau busuk pada wanita perlu dipahami agar pengobatannya bisa dilakukan dengan tepat. Penyebabnya sendiri bervariasi, bisa berbeda antara wanita yang satu dengan yang lain. Bila masalah ini telah diobati tetapi tidak menunjukkan tanda-tanda kesembuhan, bisa saja penyebabnya masalah lain yang cukup serius. Bisa jadi itu merupakan keputihan abnormal

penyebab keputihan, penyebab keputihan berwarna coklat, penyebab keputihan berbau busuk, keputihan abnormal, keputihan, penyakit menular seksual

Beberapa Penyebab Keputihan Pada Wanita

Secara garis besar, terdapat beberapa pemicu terjadinya keputihan, yaitu:

Kanker Kandungan/Keputihan Tumor

Tanda-tanda munculnya keputihan tumor berupa munculnya cairan yang mirip dengan keputihan pada umumnya. Tapi, keputihan tumor dibarengi dengan bau busuk dan bercak darah. Gejala tersebut diikuti dengan gejala lainnya, yaitu gangguan siklus menstruasi, ketidaknyamanan pada bagian perut bagian bawah, demam dengan berat badan terus mengalami penurunan, pucat, lemas, lesu dan nampak tidak bugar. Jika gejala-gejala ini muncul, dimungkinkan terdapat pertumbuhan abnormal yang terjadi di dalam kandungan.

Apapun gejala yang muncul, meskipun tidak semuanya, harus segera diobati, apalagi kalau memang benar terdapat tumor di dalam kandungan.

Keputihan pada Usia Lanjut

Pada wanita yang telah lanjut usia, keputihan bisa terjadi. Keputihan ini biasanya dibarengi dengan darah. Penyebabnya adalah menipisnya lapisan vagina seiring dengan bertambahnya usia. Keputihan jenis ini juga terjadi pada mereka yang belum mencapai masa pubertas, penderita kencing manis, dan wanita yang tengah memasuki menopause. Wanita pada masa-masa tersebut memiliki vagina dengan lapisan lendir yang telah tipis dan kisut.

Kencing Nanah

Penyebab keputihan bisa juga dipicu oleh hubungan seksual dengan pria yang menderita penyakit seksual. Keputihan ini berwujud gonore atau kencing nanah. Bila telah mendapatkan pengobatan namun keputihan tidak juga menunjukkan kesembuhan, mungkin keputihan tersebut diakibatkan tertularnya penyakit ini. Secara penampakan akan terlihat sama, yaitu berupa warna putih, tapi bila dilakukan pemeriksaan laboratorium maka kuman yang ada pada kencing nanah akan nampak terlihat jelas.

Terlalu Sering Membersihkan Vagina

Organ intim wanita memang perlu dibersihkan, tapi bila kegiatan ini dilakukan terlalu sering, maka akan berakibat kurang baik. Ini dikarenakan pembersihan vagina menggunakan bahan antisepsis. Bahan ini akan membunuh bakteri baik yang hidup pada saluran vagian dan menguntungkan tubuh manusia. Keberadaan kuman-kuman ini padahal sangat berguna untuk untuk membentuk keasaman pada daerah sekitar vagina. Sifat asam berguna menyingkirkan bibit penyakit.

Kemungkinan Lain

Adanya Benda Asing pada Vagina

Organ intim wanita merupakan saluran yang selalu terbuka sehingga sangat riskan terdapat benda asing yang bisa masuk di dalamnya. Peralatan kewanitaan yang sering digunakan seperti kapas, pembalut, atau kondom bisa saja tersisa setelah digunakan, dan tertinggal di dalam vagina. Itulah sebabnya kemudian muncul keputihan. Penyebab keputihan akibat benda asing bisa berupa biji kacang, peniti, kancing yang sering dijumpai pada anak perempuan. Bila sisa benda-benda ini dibiarkan tertanam dalam waktu lama di dalam vagina, maka kemudian membusuk lalu memicu keputihan.

Penyakit Menular Seksual

Cukup sulit membedakan keputihan karena penyakit kelamin dan keputihan biasa. Pada dasarnya, ada duma macam PMS (Penyakit Kelamin Seksual) yang mirip dengan keputihan: chlamydia dan gonore (kencing nanah). Keputihan yang dipicu oleh chlamydia nampak lebih bening. Karena itulah, keputihan jenis ini seringkali dianggap normal. Padahal, wanita yang pernah berhubungan seks dengan pria yang menderita penyakit kelamin akan menunjukkan gejala keputihan beberapa hari atau minggu setelahnya. Bila lendir ini nampak seperti susu, maka pemicunya adalah kencing nanah, namun bula berupa putih bening dan ender, maka penyebabnya dalah chlamydia. Hanya pemeriksaan laboratorium yang bisa mengetahui secara jelas.

Wanita harus memahami tentang beberapa penyebab keputihan yang ada tersebut di atas. Sehingga, pengobatan yang akan dilakukan benar-benar tepat setelah diketahui secara pasti penyebab keputihan. Anda dapat mendapatkan obat keputihan alami sesuai dengan yang anda alami Klik Disini

obat-terapi-kista-ladyfem

Related Search

Tags: #keputihan #penyebab keputihan

Jenis Keputihan dan Cara Mengatasinya
Jenis Keputihan dan Cara Mengatasinya
Apa yang dimaksud keputihan atau fluor albus
Obat Keputihan Alami Dengan Resep Tradisonal
Obat Keputihan Alami Dengan Resep Tradisonal
Semua wanita pasti mencari obat keputihan alami
Dampak buruk keputihan
Dampak buruk keputihan
Apabila Anda mengalami keputihan parah, cepat tangani
Tanda-tanda keputihan tidak normal
Tanda-tanda keputihan tidak normal
Cairan Vagina Yang Sehat Adalah Tidak Berwarna
Must read×

Top
error: Content is protected !!