Larissa herbal

Jenis Dan Warna Keputihan

In Kesehatan Wanita 10638 views

Larissaherbal.Com – Siklus menstruasi dialami setiap wanita setiap bulannya. Biasanya kondisi itu dibarengi dengan munculnya keputihan.  Cairan yang dikeluarkan vagina ini bisa menjadi indikator tingkat kenormalan keputihan. Keluhan kewanitaan ini tidak bisa disepelekan, bahaya keputihan bisa mengganggu kesehatan. Agar Anda lebih waspada, kenali berbagai bentuk, jenis dan warna keputihan yang berbahaya yang seringkali dialami oleh wanita berikut ini.

bentuk dan jenis keputihan, obat keputihan alami, jenis keputihan, bahaya keputihan, penyebab keputihan, warna keputihan

Berikut bentuk, jenis dan warna keputihan  :

  1. Berwarna bening

Keputihan dengan warna putih telur mentah ini merupakan kondisi  normal. Cairan seperti itu akan tampak di permulaan siklus hingga ovulasi. Cairan ini terasa lengket dan bisa menarik sperma masuk ke dalam rahim.

  1. Berwarna putih susu

Cairan ini menunjukkan kondisi sehat atau normal. Dari tengah sampai akhir siklus menstruasi. Cairan ini akan terlihat layaknya krim, karena sebagai dampak dari hormon progesteron yang terlepas. Teksturnya yang tebal dapat mencegah leher rahim menahan sperma di dalamnya. Kalau Anda meminum pil, maka cairan  itu akan membentuk krim dalam waktu yang lama.

  1. Mirip keju cottage

Infeksi jamur sudah menyerang, kalau cairan putih ini terbentuk gumpalan. Hal ini karena jamur sangat menyukai kondisi yang lembab, gelap, hangat dan semua kondisi yang menjadikan vagina mudah berkeringat. Agar tidak rentan terserang jamur ini, sangat disarankan untuk tidak mengenakan celana berbahan sintetis yang ketat dan juga legging.  Hindari untuk membiarkan baju renang basah terlalu lama dan tidak mandi setelah berolahraga. Penggunaan antibiotik juga terbukti bisa memicu serangan bakteri, karena populasi bakteri baik menjadi hilang di areal vagina. Untuk menormalkan kembali harus mengkonsumsi probiotik.

  1. Cairan tercampur darah

Saat mengkonsumsi pil KB kemudian muncul bercak darah antara siklus menstruasi adalah kondisi normal. Akan muncul cairan berwarna cokelat pasca siklus tersebut. Kalau cairan keputihan bercampur dengan darah tidak perlu khawatir. Kalau kondisi ini tidak kunjung reda sebaiknya meminta dokter untuk mengganti kontrasepsi lainnya. Sebaiknya melakukan pemeriksaan terhadap kemungkinan gangguan kesehatan lainnya, seperti infeksi, peradangan serviks, fibroid dan polip. Kalau Anda tidak mengkonsumsi pil KB, lakukan pengecekan barang kali Anda meninggalkan tampon. Mintalah dokter untuk mengecek kondisi Anda.

  1. Cairan berwarna kuning

Kalau cairan berwarna kuning, baunya tidak sedap, terasa gatal dan sakit, segera konsultasikan dengan dokter. Karena bisa jadi terkena infeksi pinggul, klamidia dan gonore. Yang perlu diketahui adalah warna di celana dalam tidak menentukan warna dari cairan tersebut. Karena bisa saja teroksidasi oleh udara sehingga warnanya bisa berubah. Jadi kalau cairan yang keluar jernih mirip susu, tapi celana terdapat warna kuning, maka tidak perlu panik.

bentuk dan jenis keputihan, obat keputihan alami, jenis keputihan, bahaya keputihan, penyebab keputihan, warna keputihan

  1. Cairan berbusa dan warnanya keabu-abuan

Cairan bisa saja nampak aneh, hal ini karena serangan bakteri vaginosis yang menimbulkan sensasi terbakar dan bau amis. Kondisi ini banyak dialami dan tergolong infeksi normal, sehingga gampang ditangani memakai pil atau krim resep. Memang Anda akan merasa tidak nyaman, tapi kondisi itu akan membaik dengan sendirinya setelah beberapa hari berselang.

  1. Cairan tebal dan keluar lebih banyak dari kondisi normal

Cairan keluar berlebihan adalah efek negatif dari pemasangan KB IUD. Bila vagina terkena iritasi, maka akan memproduksi cairan lebih banyak. Kalau sekitar vagina terasa gatal, bisa jadi karena infeksi jamur. Pemicu lain dari cairan tebal ini adalah karena sedang hamil. Kadar cairan berubah-ubah tergantung usia kandungan, karena dipengaruhi oleh tingkat keseimbangan hormon.

  1. Cairan mirip air

Jika cairannya encer adalah pertanda dari infeksi herpes yang diakibatkan oleh bagian dalam vagina terdapat luka yang terbuka. Cairan ini akan keluar lebih banyak dari kondisi normal dan Anda akan merasakan keadaan tidak nyaman.

Agar keputihan tidak berbahaya bagi Anda, maka cari obat herbal resmi bpom yang dapat menangani masalah ini.  Pastikan juga Anda selalu menghindari stres dan menjaga kebersihan organ intim dengan teratur.

Related Search

Tags: #keputihan

Penyebab keputihan berwarna dan berbau busuk
Penyebab keputihan berwarna dan berbau busuk
Penyebab keputihan berwarna, gatal, dan berbau busuk
Jenis Keputihan dan Cara Mengatasinya
Jenis Keputihan dan Cara Mengatasinya
Apa yang dimaksud keputihan atau fluor albus
Obat Keputihan Alami Dengan Resep Tradisonal
Obat Keputihan Alami Dengan Resep Tradisonal
Semua wanita pasti mencari obat keputihan alami
Dampak buruk keputihan
Dampak buruk keputihan
Apabila Anda mengalami keputihan parah, cepat tangani
Must read×

Top
error: Content is protected !!